PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE STUDI EMPIRIS DI KALANGAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SABANG BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE STUDI EMPIRIS DI KALANGAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SABANG BANDA ACEH Nama : Hardi NPM : 20310044 Prodi : Manajemen Pembimbing I : Zenitha Maulida, SE, MM Pembimbing II : T. Andi Roza, SE, M.M Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap kepuasan konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh, baik secara parsial maupun secara simultan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 70 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner yang didistribusikan kepada responden. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan program bantuan SPSS (Statistic Package Social Science). Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan dan parsial pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh. Uji parsial juga menunjukan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh. Kemudian harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh. Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh dengan nilai thitung (7,586) lebih besar dari ttabel (1,667). Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh dengan nilai thitung (6,978) lebih dari nilai ttabel (1,667). Promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh dengan nilai Fhitung (89,522) lebih besar dari Ftabel (3,13). Kata Kunci :promosi,harga dan kepuasan konsumen.
Keywords
Promosi, harga, kepuasan konsumen
References
Akakip, F. E. D., Ariwijaya, H., & Milang, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 485-500.
Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, 16(2)
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta
Efendi, B., Krismono, A., & Nurhayati, E. C. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Di Soto Bening Pororojo Mudal, Mojotengah, Wonosobo. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 3(2), 64-68.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.
Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI).
Herawati, H., & Muslikah, M. (2019). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2(01), 17-35.
Kencana, P. N., Sopandi, A., & Munadjat, B. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada pt. jala niaga elok (jne) cabang pamulang. amanah: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 43-53.
Mayasari, S., & Safina, W. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Ayam Goreng Kalasan Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), 63-76.
Murni, Chusnul. (2020). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Di Shopee. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Skripsi.