STIES Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Maulidan, R. (2025). PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN XL DI KOTA BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang). Retrieved from https://repository.stiesabang.ac.id/handle/87.
Maulidan, Rahmat. “PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN XL DI KOTA BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang, 2025, https://repository.stiesabang.ac.id/handle/87.

PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN XL DI KOTA BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F3121051W.pdf (1 MB)

Issue Year

2025

Author(s):

Rahmat Maulidan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan promosi terhadap kepuasan pelanggan XL di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Metode penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data penelitian ini di analisis dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda melalui aplikasi SPSS (statistical package for social science). Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji t (parsial) dan uji F (simultan) Hasil penelitian ini menyatakan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan XL di Kota Banda Aceh dengan nilai thitung 8,651 lebih besar dari ttabel 1,980. Untuk hipotesis kedua hasil penelitian pada variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan XL di Kota Banda Aceh dengan nilai thitung 4,394 lebih besar dari thitung 1,980. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X1) dan Promosi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (46,469 > 3,07).


Keywords

citra merek, promosi, kepuasan pelanggan

References

Alma, Buchari, (2016), Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Efendi, Nasrul., Ginting, S. O., & Halim, J, (2020), Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 102-112.

Fatihudin, Didin., dan Anang Firmansyah, (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish Publisher, Yogyakarta

Ferrinadewi, Ema, (2018), Merk Dan Psikologi Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy, (2015), Analisis SWOT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ghozali, Imam, (2017), Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam, (2018), Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, Joseph. F., Black, William. C, Babin, B. J, & Anderson, R. E, (2019), Multivariate Data Analysis (8ed), Cengange Learning, London.

Himawan, Anang, Harris, (2016), Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Minat Beli Notebook Acer. Yogyakarta.

Indrasari, Meithiana, (2019), Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press, Surabaya.

Ismail, Harries, Arizonia, (2019), Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Tupperware Di Semarang. Ebistek Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNAKI, 1(2015), 12–24.

Juliawaty, W., Willy, F., dan Goh, T. S, (2020), Pengaruh Personal Selling dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega, 6(1), hal 43-56.

Kotler, Philip, dan Kevin, Lane Keller, (2016), Marketing Management, Edisi 15. Pearson Education. Inc.

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller, (2017), Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin, Lane Keller, (2018), Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran), Pearson Education Inc, Jakarta.

Kotler, Philip., dan Kevin, Lane Keller, (2018), Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip., dan Gary, Amstrong, (2018), Manajemen Pemasaran. (Edisi 12) PT Indeks, Jakarta.

Malau, Harman, (2017), Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global) Cetakan Pertama. Alfabeta, Bandung.

Manap, Abdul, (2016), Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Praja, Bryan Sacaksana Setya, (2015), Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Fanta PT. CocaCola Amatil Indonesia di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi,

Prasetya, Robania Afiati., & Patrikha, Finisica, (2020), Pengaruh Citra Merek Go-Jek dan Promosi Go-Jek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Go-Jek Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ). 8(1). 646–652.

Pratama, Yoga Wahyu., & Budiarti, Anindhyta, (2024), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman PT. Pos Indonesia Cabang Surabaya Selatan (Persero). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 13(7).

Safri, Indra., dan Putri, Rina Safitri, (2015), Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Jurnal Valuta, 1(2), h. 298-321.

Schiffman, Leon, G., & Kanuk, Leslie. L, (2019), Perilaku Konsumen, Indeks, Jakarta.

Sudaryono, (2016), Manajemen Pemasaran (Teori & Implikasi), Andi, Yogyakarta.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta, Bandung

Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta, Bandung

Sujarweni, V. Wiratna, (2016), Kupas Tuntas Penelitian Akutansi Dengan SPSS, Penerbit Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Syahputra, Rizki. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Al-Qur'an Tentang Promosi Penjualan. Sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) Labuhan Batu, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen. 6 (2).

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi Empat, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy., dan Chandra, Gregorius. (2016). Service, Quality & Satisfaction, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2017). Manajemen Jasa, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi pemasaran Prinsip dan Penerapan, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy., & Diana, Anastasia. (2019). Kepuasan Pelanggan -Konsep, Pengukuran Dan Strategi, Andi Offset, Yogyakarta

URI

https://repository.stiesabang.ac.id/handle/87

Collections

  • Final Year Projects S1 PSM

Browse

Main Collections Final Year Projects (116)Research Reports (0)Community Service Reports (0)

© 2025 STIES Institutional Repository