PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BANDA ACEH PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BANDA ACEH Nama : M. Reza Halim Firmansyah NPM : 19310015 Prodi : Manajemen Pembimbing I : T. Zulfan, SE, MM Pembimbing II : Zenitha Maulida, SE, M.M Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Minat Beli pada Smartphone Samsung di Kota Banda Aceh baik secara parsial maupun secara simultan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan program bantuan SPSS (Statistic Package for Social Science). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara simultan dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian ini adalah Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Smartphone Samsung di Kota Banda Aceh dengan nilai thitung (2,848) lebih besar dari ttabel (1,985). Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Smartphone Samsung di Kota Banda Aceh dengan nilai thitung (4,277) lebih dari nilai ttabel (1,985). Kepercayaan dan Citra Merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Smartphone Samsung di Kota Banda Aceh dengan nilai Fhitung (21,561) lebih besar dari Ftabel (3,090). Kesimpulan berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel Kepercayaan dan Citra Merek berpengaruh terhadap Minat Beli pada Smartphone Samsung di Kota Banda Aceh. Kemudian berdasarkan uji parsial bahwa Kepercayaan dan Citra Merek berpengaruh terhadap Minat Beli pada Smartphone Samsung di Kota Banda Aceh.
Keywords
Kepercayaan, Citra Merek, Minat Beli
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, (2019) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azhar, Ahmad. (2017). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank BRI Di Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Dwityanti, E. (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Layanan Internet Banking Mandiri. Tesis Megister Manajemen, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang
Ferrinadewi, Erna. (2018). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hapsara , Radityo febri, 2015, “Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi pada nasabah Bank BRI Kantor Cabang Solo Kartasura). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 1, No. 1, Hal 1-16.
Harlan, Dwimastia. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada Umkm Di Kota Yogyakarta. Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Hasan, A. (2018). Marketing. Yogyakarta: Media Pressdindo
Iranati, Rahma (2017) Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Japarianto, Edwin. (2018). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1,
Kotler dan Armsrong. (2018). Marketing Management. Edisi Keempat belas. Global Edition : Pearson Edition.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kurniawan, R. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, No. 7, No. 1, Hal 22-42.
Lulu, R. M. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FE UNJ). Jurnal Universitas Negeri Jakarta, Vol. 1, No. 1, Hal 1-13.
Malhotra K Naresh, (2018), Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Ma'ruf, A, (2015). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja.
Nugroho, D. P. (2016). Analisis Pengaruh e-WOM, Citra Merek, Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 1, Hal 1-17.
Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi. Jakarta, PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Schiffman, L G dan Kanuk LL. (2018), Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks.
Sekaran, U. (2017). Research Methods for Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Sekaran, U. (2019). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Setiyaningsih, D. N. (2017) Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Mediasi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumarwan, Ujang, A. G. (2018). Riset Pemasaran dan Komunikasi. Seri 2. Bogor: PT. Penerbit IPB Press
Susanti, V. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Citra Merek, Keamanan Terhadap Minat Beli Tiket Pada Situs Traveloka. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, Vol. 5, No. 1, Hal 13-21.
Tjiptono, Fandy (2018). Service Management Mewujudkan Layanan Prima penerbit Andi Offset edisi II Yogyakarta.
Umar, Husein. (2013) Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Ghalia Indonesia
Violinda, Q. (2022). Pengaruh Citra Merek, Inovasi Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Upgris). MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis), Vol. 1, No. 3, Hal 244-249
Widiyanto (2018). Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip.