PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK (QRIS, SHOPEEPAY) PADA MAHASISWA AKUNTANSI STIES BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK (QRIS, SHOPEEPAY) PADA MAHASISWA AKUNTANSI STIES BANDA ACEH. Nama : Riska Ananda Putri NPM 20100013 Pembimbing I : Ainul Ridha, S.E, M.Si, Ak Pembimbing II : Farah Ivana, S.E, M.Si, Ak Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh persepsi manfaat, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan uang elektronik (QRIS, ShopeePay) pada mahasiswa akuntansi STIES Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 66 mahasiswa reguler program studi akuntansi angkatan 2020 dan 2021. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah dengan menggunakan program bantuan SPSS (statistic package for social science). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara simultan dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat 95% (α = 0,05). Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai pada variabel persepsi manfaat dengan Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu Thitung (3,262) > Ttabel (1,997). Nilai pada variabel persepsi kegunaan sebesar Thitung (-1,774) < Ttabel (1,997). Sedangkan nilai variabel persepsi kemudahan penggunaan sebesar Thitung (3,566) > Ttabel (1,997) artinya variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik dan variabel persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik. Serta hasil uji f variabel persepsi manfaat, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan uang elektronik pada mahasiswa akuntansi STIES Banda Aceh dengan nilai F-Hit sebesar 24,510 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi R-Square sebesar 0,543 atau 54,3% menunjukkan pengaruh dari variabel persepsi manfaat, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan uang elektronik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bahwa variabel persepsi manfaat, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan dapat menjelaskan variabel minat menggunakan uang elektronik sebesar 54,3%.
Keywords
Persepsi Manfaat, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Minat Menggunakan Uang Elektronik
References
Abdiani, N. (2022, 4 19). Pengelompokan Jenis-Jenis Teori Nilai Uang.
Ahdiat, A. (2023, 10 26). Transaksi Belanja Pakai E-Money Tembus Rp38 Triliun pada Agustus 2023.
Akbar, N. F. (2019). Analisis Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Komunikasi Snaapp Pada Sd Ignatius Slamet Riyadi Karawang.
Andian, Z. E. (2023, 5 15). Perkembangan Industri 4.0: Antara Peluang dan Tantangan.
Ayu. (2021, 09 23). Apa Itu ShopeePay
Bank Indonesia (2020) Ekonomi Digital: Definisi Dan Manfaat Untuk Negara. Gianov, i. (2023, 3 3). Sebelum Menggunakan, Ketahui Dulu Kelebihan dan
Kekurangan Uang Elektronik.
Hariyanto. (2021, 10 23). Mengenal Teori Nilai Uang dan Jenis-jenisnya. INDONESIA, B. (2020). Apa itu uang elektronik.
Julianti, D. (2022, 7 28). Jenis Uang, Pengertian, Fungsi, dan Teori Nilai Uang – Materi Ekonomi Kelas 10.
Kurniawan, M. R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan.
Digilib.UNILA.
Muhammad Farid Iffat, A. C. (2023). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, risiko terhadap minat menggunakan dompet elektronik.
Nopy Ernawati, L. N. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI.
Rosyda. (2020). Pengertian Uang: Fungsi, Ragam, dan Teori Nilai Uang. Setiawan, D. (2022, Agustus 30). Sangat Mudah Dipahami, Beragam Cara
Menggunakan Shopeepay. p. 1.
Shopee. (2021). Tentang Shopee. Retrieved from Shopee. Siagian, H. F. (2023, 3 30). Mengenal Revolusi Industri 5.0.
Singgih Priambodo, B. P. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang).
49
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RAD). Bandung: Alfabeta.
T.A.A Fahmi, M. M. (2022). Analisis Indikator Persepsi Mahasiswa Pada Kegunaan Teknologi Keuangan. Jurnal Akunida ISSN 2442-3033 Volume 8 Nomor 2.
University, B. (2023, 9 1). Ekonomi Digital: Definisi Dan Manfaat Untuk Negara. Update, B. (2022). Pengertian Shopee Pay dan Contoh Kegunaannya bagi
Pelanggan.
Yuliani Dwi Rahmawati, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi. Journal of Economics and Banking.