STIES Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Barat, S. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang). Retrieved from https://repository.stiesabang.ac.id/handle/118.
Barat, Suryadi. “PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang, 2024, https://repository.stiesabang.ac.id/handle/118.

PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F3120046W.pdf (480 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Suryadi Barat

Abstract

PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH Nama : Suriyadi Barat NPM : 20310046 Pembimbing I : Nusbismi SE M.M Pembimbing II : T. Zulfan SE,M.M. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan merek dan kebijakan harga terhadap kinerja penjualan produk UMKM di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pelaku UMKM di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh, yang jumlah populasinya 3.706 unit UMKM, dan jumlah sampel 97 responden. dengan menggunakan metode random sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer, dan data dikumpulkan melalui kuesioner atau pernyataan. Hasil penelitian yang di proleh dari lapangan di olah dengan menggunakan perhitungan statistik dengan menggunakan software SPSS (Statistical package for the social aciences) versi 26. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Nilai konstanta sebesar 4,852 artinya bila mana Kepercayaan merek (X1), Kebijakan harga (X2) dianggap konstan, maka Kinerja penjualan produk Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh adalah sebesar 4,852 pada satuan skala likert. Koefesien regresi kepercayaan merek (X1) sebesar 0,366, perubahan dalam variabel Kepercayaan merek secara relatif akan meningkatkan Kinerja penjualan produk Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh sebesar 36,6% dengan asumsi variabel kepercayaan merek konstan. Koefesien regresi Kebijakan harga (X2) sebesar 0,290 artinya setiap 100% perubahan dalam variabel Kebijakan harga akan meningkatkan Kinerja penjualan produk Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh sebesar 29% dengan asumsi variabel Kepercayaan merek (X2) dianggap konstan. koefisien korelasi (R) sebesar 0,747 dimana dengan nilai tersebut terdapat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah sebesar 75%. Artinya faktor Kepercayaan merek (X1) dan Kebijakan harga (X2) mempunyai hubungan yang kuat terhadap Kinerja penjualan produk pada Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. koefisien determinasi (R2) yang diperoleh dengan nilai sebesar 0,558 artinya bahwa sebesar 56% perubahan-perubahan dalam variabel terikat (Kinerja penjualan produk) dapat dijelaskan oleh perubahan-perubahan dalam faktor Kepercayaan merek (X1) dan Kebijakan harga (X2).


Keywords

Kata Kunci : Kepercayaan Merek, Kebijakan Harga, Kinerja Penjualan Produk

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik .

Jakarta: Rineka Cipta

Bastian, Danny Alexander, (2014).”Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust)Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalitiy) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia “.Jurnal Manajemen pemasaran Petra, Vol, 2, No. 1, h, 1-9

Chinomona, Richard, (2016). Brand Communication, Brant Trust As AntecedentsOf South Afrika. African Jurnal Of Economic and Management Studies, Vol. 7. No. 1. H. 124-139.

David W. (2016). Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.

Ferdinand T. Augusty,(2018), Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan.

Strategik, Research Paper Series, Program MM UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi

Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro

https://diskopukmdag.bandaacehkota.go.id/2024/01/02/data-umkm-kota-banda- aceh/

https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dapertumbuhan- usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia

Irawan & Farid Wijaya. (2016). Pemasaran Prinsip dan Kasus. Yogyakarta: BPFE

KOTLER, Philip T.; ARMSTRONG, Gary. Principles of Marketing, eBook, Global Edition: Principles of Marketing. Pearson Higher Ed, 2017.

Laksana, Fajar. (2018). Manajemen pemasaran pendekatan praktis. Yogyakarta: Ghara Ilmu

Lay, K. (2015). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat

Beli Sepatu Nike Di Surabaya. 1 , گ ن هJKKKKL و نز(4), 53

Mico, S. (2022). Pengaruh Kebijakan Harga terhadap Minat Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Pagar Alam (Studi Kasus Pada 5 Perguruan Tinggi di Kota Pagar Alam STIT Pagar Alam ITBis Lembah Dempo, STKIP Muhammadiyah Pagar Alam, STEBIS Pagar Alam, Sekolah Tinggi

URI

https://repository.stiesabang.ac.id/handle/118

Collections

  • Final Year Projects S1 PSM

Browse

Main Collections Final Year Projects (128)Research Reports (0)Community Service Reports (0)

© 2025 STIES Institutional Repository