STIES Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Nasila, S. (2024). PENGARUH LAYANAN DIGITAL DAN CITRA DESTINASI PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA DI IBOIH KOTA SABANG (Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang). Retrieved from https://repository.stiesabang.ac.id/handle/114.
Nasila, Sofia. “PENGARUH LAYANAN DIGITAL DAN CITRA DESTINASI PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA DI IBOIH KOTA SABANG.” Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang, 2024, https://repository.stiesabang.ac.id/handle/114.

PENGARUH LAYANAN DIGITAL DAN CITRA DESTINASI PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA DI IBOIH KOTA SABANG

Thumbnail

View/Open

F3120051W.pdf (1 MB)

Issue Year

2024

Author(s):

Sofia Nasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh layanan digital dan citra destinasi pariwisata terhadap kepuasan pengunjung wisata di Iboih Kota Sabang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner atau pernyataan kepada seluruh responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah dengan SPSS versi 26.0 untuk melakukan uji t dan uji F dimaksud untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen dengan tingkat keyakinan 95% ( = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial layanan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung wisata di Iboih Kota Sabang dengan diperoleh nilai thitung 3,081 lebih besar dari ttabel 1,660 pada taraf signifikansi 0,003 < 0,05. citra destinasi pariwisata terhadap kepuasan pengunjung wisata di Iboih Kota Sabang dengan diperoleh nilai thitung 3,137 sedangkan nilai ttabel 1,660 pada taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa layanan digital dan citra destinasi pariwisata berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung wisata di Iboih Kota Sabang, dengan nilai Fhitung 46,670 > Ftabel 3.87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara parsial digital dan citra destinasi pariwisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung wisata di Iboih Kota Sabang. Adapun secara smultan layanan digital dan citra destinasi pariwisata secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung wisata di Iboih Kota Sabang.


Keywords

Layanan Digital, Citra Destinasi Pariwisata, Kepuasan Pengunjung

References

Ahmad, A. B. (2018). Citra Destinasi dan Pengaruhnya terhadap Intensi untuk Berkunjung Kembali di Sulawesi Selatan Sebagai Destinasi Pariwisata. Sosiohumaniora, 20 (3), 207-214.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal Vol. 1 No. 1, 43-53.

Apriliyanti,Ester,Syarifah Hudayah, and Saida Zainorossalamia ZA “Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagi pusat cerminan budaya khas kota samarinda.” Jurnal Manajemen 12.1 (2020): 145-153.

Ashoer, M. dkk. (2021). Ekonomi Pariwisata. Medan: Yayasan Kita. Ayu, R. (2019). Mengenal Digitalisasi Dalam Akuntansi. Cpssoft.Com.http://cpssoft.com/blog/akuntansi/digitalisa si-dalam-bidang-akuntansi/

Ahmad, A.B. (2018) “Citra Destinasi dan Pengaruhnya terhadap Intensi untuk Berkunjung Kembali di Sulawesi Selatan Sebagai Destinasi Pariwisata,” Sosiohumaniora, 20(3)

Bowen, D. and Clarke, J. (2002) ‘Reflections on tourist satisfaction research: Past, present and future', Journal of Vacation Marketing, 8(4), pp. 297– 308. doi: 10.1177/135676670200800401.

Beerli A, Martin JD .(2004), Factors Influencing Destination Image. Ann. Tour. Res. 31(4): 657-681

Coban, S. (2012). The Effects of the Image of Destination On Tourist Satisfaction And Loyalty: the Case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences Vol. 29 No. 2, 222- 232.

Cooper, F. J., Gilbert, D., & Wanhill, S. (2013). Tourism, Principles and Practice. London: Logman.

Coban, S. (2015). The Effects of the Image of Destination On Tourist Satisfaction And Loyalty: the Case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences Vol. 29 No. 2, 222- 232.

Dewanto, R.F. (2022). Pengaruh Digitalisasi dan Citra Destinasi Pariwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung di Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE) Vol. 6 No. 4, 537-552.

Dewi, R.I. (2018). Pengaruh E-wom, Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung yang Dimediasi Oleh Respon Emosional (UniversitasLampung). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Elistia. (2021). Perkembangan dan Dampak Pariwisata di Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA).

Fatem, S.K.F. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi, Promosi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunn,Mansfeld. (2011) PASOS Revista de Turismo y Patrimonio Cultural DOI:10.25145/j.pasos. 2011.09.027 LicenseCC BY-NC 4.0

Heny Ratnaningtyas1 Institut Pariwisata Trisakti june 2023 Tourism Scientific Journal 8(2):163-173 8(2):163-173 DOI :10.32659/tsj.v8i2.255

Hanif, A., Kusumawati, A., Mawardi, M. K. (2016) Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 38 No. 1, 44-52.

Imansyah., Irawan, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Karaoke Inul VIzta Tanjung. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No. 3, 319-329.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. Lampung.

Lumaksono, A., Priyarsono, D. S., Kuntjoro, & Heriawan, R. (2012). The Economic Impact of International Tourism on the Indonesian Economy. Forum Pascasarjana Vol 35 No. 1, 53–68

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Mumtaz, T.A & Karmilah, M. (2021) Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang Vol. 1 No. 1, 1-15.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Nguyen, O.T.(2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Teknologi Digital Perbankan di Vietnam. Jurnal Keuangan dan Ekonomi Asia dan Bisnis, 7 (3), 303–310. https://doi.org/10.13106/ jafeb.2020.vol7.no3.303

Paludi, S. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWom) Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Tesis. Program Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara Jakarta.

Pavlic, I., Perucic, D., Portolan, A. (2011). Tourists' Satisfaction as an Important Tool for Increasing Tourism Destination Competitiveness in the Globalization Conditions - The 136 Case of Dubrovnik Neretva County. International Journal of Management Cases Vol. 13 No. 3, 591-599.

Pratama, A.E. (2022). Analisis Implementasi Program Wisata Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeriraden Intan

Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sangadji, E.M., Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Septiandari, W., Hidayatullah, S., Alvianna, S., Rachmadia, A., Sutanto, H.D., (2021) Pengaruh Citra Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan pengunjung di Pantai Warna. Journal Of Management Studies Vol. 15 No. 2, 134-148.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian (Edisi 6). Buku 1. Cetakan kedua. Jakarta: Salemba Empat

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan pembangunan destinasi pariwisata: konsep dan aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Umar. (2015). Metodologi Penelitian: Kualitatif Versus Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, L.K.L.N. (2022) Pengaruh Citra Destinasi dan Persepsi Nilai Wisatawan Terhadap dan Loyalitas Wisatawan Milenial Mancanegara di Bali. Journal Of Tourism and Creativity Vol. 6 No. 1, 49-55.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Boston: Mc.Graw-Hill.

Zikri, A., Harahap, M.I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM) Vol. 2 No. 1, 923-926

URI

https://repository.stiesabang.ac.id/handle/114

Collections

  • Final Year Projects S1 PSM

Browse

Main Collections Final Year Projects (128)Research Reports (0)Community Service Reports (0)

© 2025 STIES Institutional Repository