PENGARUH HARGA DAN PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI LAIN HATI BANDA ACEH
Abstract
Nama : Nurhafiah NPM : 18310021 Prodi : Manajemen Pembimbing I : Nurbismi, SE, M.M Pembimbing II : T. Andi Roza, SE, M.M Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan Promosi melalui Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh baik secara parsial maupun secara simultan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 99 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner yang didistribusikan kepada responden. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan program bantuan SPSS (Statistic Package Social Science). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan dan parsial pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel Harga dan Promosi melalui Sosial Media berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh. uji parsial juga menunjukan bahwa variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh. Kemudian Promosi melalui Sosial Media berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh. Penelitian ini menunjukkan bahwa Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh dengan nilai thitung (7,378) lebih besar dari ttabel (1,985). Promosi melalui Sosial Media berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh dengan nilai thitung (4,851) lebih dari nilai ttabel (1,985). Harga dan Promosi melalui Sosial Media secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Banda Aceh dengan nilai Fhitung (18,889) lebih besar dari Ftabel (3,091) Kata Kunci : Harga, Promosi melalui Sosial Media dan Keputusan Pembelian
Keywords
Harga, Promosi, Sosial Media, Keputusan Pembelian
References
Abdullah, Vicky R. (2012). Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia.
Alfabeta.
Alma, B. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alphab
Ardhi, Y. (2018). Merancang Promosi Media Digital Unik dan Menarik, Penerbit TAKA Publisher.Yogyakarta.
Belch, George E. dan Belch, Michael A. (2018). Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective 11th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Budimansyah, B. (2019). Pengaruh Cita Rasa, dan Promosi melalui Media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Janji Jiwa Bekasi Timur. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Pelita Bangsa Bekasi.
Fristina, Dessy A. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap keputusan pembelian pada Swalayan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analis Manajemen dengan Program SPSS 19. Semarang: BP Universitas Dipenogoro
Katz, Gurevitch, dan Haas. tipe kebutuhan menurut teori Uses & Gratification. dalam (jurnal Kiranasari,2013:16)
Kotler & Keller, (2012). Marketing Management 14th, Person Education.
Kotler dan Armstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing, 14th Edition. New Jersey: Pearson Edition.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management.
Nigrum, Anggun S. dan Suryoko, S. (2018). Pengaruh Harga, Produk, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian di Peacoc Coffie, semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , vol. 8, tidak. 1, hlm. 164-173
Priyanto. (2017). Panduan Lengkap SPSS Versi 20.0 Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.
Putri, Citra S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Cherie melalui minat beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 1, No 5.
Rangkuti, Freddy, (2019). Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Rahmah, Aurilia M. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Harga terhadap keputusan pembelian Yotta di Kota Makassar. Jurnal Bisnis dan Perdagangan Internasional, Sekolah Tinggi Ilmu Ekomomi Nobel Indonesia Makassar.
Ridwan dan Kuncoro, Engkos A. (2012). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta. Bandung.
Sekaran. U. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: salemba Empat.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan P&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Yogi Setiawan. (2018). Pengaruh Harga, Poduk, Lokasi, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berkunjung Pada Cafe Taman Selfie di Kota Binjai. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1
Yulianti,Y. dan Yosini. D. (2018). Gaya Hidup Kaitannya Dengan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minuman Kopi. Jurnal AGRISEP Vol. 17 No. 1. Hal: 39 – 50. ISSN: 1412-8837/e-ISSN : 2579-9959.
Zulaicha, S. dan Irawati, R. (2016) . Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, Desember, hlm. 123-136. ISSN 2338-4840.